Cap Go Meh

Cap Go Meh (Hokkien: εδΊ”ζš) melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas daribulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari. 



Dan hari ini adalah tepat nya Cap Go Meh tahun 2015 dirayakan. Aku tinggal di KalBar, dan yang ku tahu hanya disini saja yang Cap Go Meh nya besar-besaran dan make segala Taktung, Barongsai, Naga, Kuil-kuil kecil penyembahan dll yg dibawa keliling pusat kota!! . Ini budaya, meski agak terbilang ekstrim namun mungkin kita semua bisa menganggap kalau ini adalah hanya sebatas hiburan. Memang aku bukan orang Tionghoa asli, tapi karena udah lama tinggal di Bengkayang (yang juga merayakan Cap Go Meh) dan informasi dari adek ku yg emang suka :v aku cukup mengerti.
Diatas kalian ada baca tulisan Taktung. Tau gak apa arti nya?
untuk yang gak tau, taktung itu adalah orang yang secara khusus dimasuki roh-roh dewa pada agama Kong hu cu dan akhirnya dibuat kebal pada benda-benda tajam dan sebagainya, ada juga yang memakan daging mentah dan minum minuman keras. Ekstrim bukan?
Tadi juga aku ikutan nonton :v tapi karena udah rame duluan kagak nampak deh.
Ini beberapa foto yang aku liat di berbagai sosmed ku. Cuma dikit karena tuh perayaan baru aja tadi. Kalo udah ada yg terbaru akan ku upload lagi :D . Maaf jika ada gambar berkualitas kurang baik.
Ingat ini hanya kuambil dari fb,bbm, ig dan sbginya. bukan aku sendiri yg mengambil fotonya :)




Singkawang yang lumayan dekat dari Bengkayang juga merayakan dan pasti memang lebih banyak yang tau tentang yg di Singkawang, Singkawang bisa dibilang sebagai pusatnya loh. Banyak turis yang datang pada Perayaan Cap Go Meh ini (khususnya di Singkawang). Aku pengen banget liat video nya tahun ini tapi belum di upload dan katanya, Cap Go Meh nya sampe sore. Duh kuat bangeet siih. 
Ini lah Indonesia dgn budaya nya yang beragam.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
5 Maret 2015 pukul 20.04 delete

Game Poker Online Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

Reply
avatar